Langsung ke konten utama

Yuk Mengenal Sistem Saraf Yang Menentukan Tingkat Stress dan Kebahagiaan Terutama di Masa Pandemi ini


Yuk Mengenal Sistem Saraf Yang Menentukan Tingkat Stress dan Kebahagiaan
Terutama di Masa Pandemi ini

sistem saraf otak
Sumber : nationalgeographic.grid.id

            Hallo guys....
            Apa kabar ?
            Semoga kalian dalam keadaan baik-baik saja dan tetap sehat
            Nah... di blog kali ini, admin akan mengajak kalian untuk mengenal lebih dekat sistem saraf yang ada di bagian organ kalian. Jadi sistem saraf itu sendiri merupakan sebuah struktur yang terdiri atas beberapa sebuah komponen terhadap sel saraf (neuron). Sistem saraf, dapat bersama dengan suatu sistem hormon, yang memiliki fungsi yakni sebagai untuk mempertahankan fungsi terhadap tubuh.
stress
Sumber : dosenpendidikan.co.id
            Sistem saraf pada manusia mempunyai sebuah sifat pengatur yang khusus dan kompleks. Sistem saraf dapat menerima jutaan rangsangan yang berasal dari berbagai jenis organ. Semua rangsangan ini akan bersatu sebagai menentukan apa yang akan menjadi respon terhadap tubuh. Stimuli seperti cahaya, suhu, gravitasi, dingin, dan panas yakni dapat berasal dari luar tubuh.
            Sementara terhadap rangangan pada tubuh yakni haus, lapar, sakit dan lain-lain. Sebagai menanggapi terhadap rangsangan ini, tubuh kita akan membutuhkan tiga komponen yakni reseptor untuk reseptor sebagai stimulasi, sistem saraf untuk penerima, pengolah dan penerus dari sebuah hasil terhadap rangsangan yang akan diolah ke efektor dan pada efektor untuk sel atau terhadap organ yang akan digunakan sebagai menanggapi rangsangan.
            Nah, kalau kita bicara tentang nervous system atau sistem saraf otak kita, ada dua bagian yang penting yaitu simpatik dan parasimpatik. Simpatik ini bersifat fight or figth dan parasimpatik yang bersifat rest and digest. Simpatik ini tipe-tipe orang yang begitu terima berita, dia akan langsung merasa stres, dia langsung makan dengan porsi yang lebih banyak, atau dia akan langsung merasa ketakutan yang berlebihan, di tahap ini hormon stressnya akan mengalami kenaikan.
            Kebalikannya, parasimpatik yang merupakan proses saat tubuh kita ada di tahap healing atau penyembuhan. Ketika kita ada di level parasimpatik, stess hormon kita akan mengalami penurunan dan tekanan darah kita akan turun sehingga kita akan merasa jauh lebih rileks.
Nah.. Kalau kita pergi ke dokter, biasanya kita akan bilang, “Pak dokter, saya sakit..”.
Apa yang dokter bilang pertama kali ?
Istirahat.
Jadi kalau kesehatan mental kita tidak terjaga, meskipun kita sudah melakukan tindakan lain seperti cuci tangan, physical distancing dan lain sebagainya, daya tahan tubuh masih bisa turun dan itu akan tetap riskan.
            Baik, segitu aja penjelasan di blog kali ini...
          Ternyata sistem saraf sangat menentukan tingkat stress dan kebahagiaan. Dengan meregulasi sistem saraf, pada akhirnya bisa membuat badan rileks. Tubuh dan pikiran yang rileks ternyata kemudian punya banyak implikasi untuk kesehatan kita, dan berdampak langsung bagi orang-orang di sekitar kita.
            Thank You.... Guys...
            Stay Safe...
~admin~



Artikel dikutip dari



[1]        https://www.gurupendidikan.co.id/saraf-parasimpatik/
[2]        https://www.youtube.com/watch?v=PacvgBpP21Y ~ Heal the World : Episode 2 – Spiritualy & Mental Health

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kendala Sistem Pembelajaran Daring Di Tengah Masa Covid-19

Kendala Sistem Pembelajaran Daring Di Tengah Masa Covid-19 Sumber: kompasiana.com             Halo kawan-kawan semua...             Bagaimana kabar kalian ? Mudah-mudahan dalam keadaan baik dan masih sehat             Nah... di wacana blog kali ini, admin akan membahas tentang sistem pembelajaran yang berlangsung secara daring atau online di Tengah masa pandemi Covid-19 ini. Akibat adanya pandemi Covid-19 ini tentunya mengakibatkan banyak sekolah maupun universitas yang ditutup dan mengalihkan sistem pembelajarannya memjadi sistem pembelajaran secara online dengan bantuan internet melalui smartphone maupun PC (personal computer)/laptop mereka.             Nah, Dari sistem pembelajaran online ini tentu ada suatu kendala di dalamnya ketika proses pembelajaran berlangsung maupun masalah pada keadaan alat atau sarana prasarana terkait dilakukan sistem pembelajaran. Apa saja sih kendala-kendalanya, kami akan bahas sebagai berikut. 1)       Banyak Gangguan Pada aw