Langsung ke konten utama

Hal Yang Perlu Diperhatiakan Ketika Menuju New Normal


Hal Yang Perlu Diperhatiakan Ketika Menuju New Normal


Sumber : economy.okezone.com

            Hallo kawan-kawan..
            Bagaimana kabar kalian saat ini...?
          Mudah-mudahan dalam keadaan baik dan sehat, di wacana blog kali ini admin akan membahas mengenai situasi saat ini dimana banyak masyarakat amaupun pemerintah telah memberlakukan new normal. Tapi sebelum menuju ke topik pembahasan, alangkah baiknya kita harus tahu mengenai New Normal itu, Apasih New Normal itu? Adapun yang dilansir dari halaman kompas.com, Menurut Ketua Tim Pakar Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmita mengatakan “New Normal adalah perubahan perilaku untuk tetap menjalankan aktivitas normal namun dengan ditambah menerapkan protokol kesehatan guna mencegah penularan Covid-19”.
            Namun sebelum menuju ke New Normal atau melakukan suatu kegiatan di luar rumah, kita harus perlu memperhatikan hal-hal yang dapat menjaga kesehatan diri, di tengah situasi yang serba tidak tentu ini. Apa saja sih hal-hal yang perlu diperhatiakan ? Berikut pemaparannya ;
1.      Tetap menggunakan masker ketika berpergian keluar rumah
Menggunakan masker di saat berpergian keluar rumah sangat penting dilakukan karena dengan masker kita dapat mencegah adanya penularan virus korona. Adanya masker dapat mengurangi interkasi penularan virus melalui percikan air liur dari kondisi batuk/pilek yang dialami seseorang sehingga dengan bantuan maksker tersebut dapat mencegah penularan dari covid-19 itu sendiri. Adapun dilansir dari Fajar.co.id menurut Tim Komunikasi Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, Dokter Reisa Broto Asmoro mengingatkan agar penggunaan masker penutup hidung dan mulut diganti setelah empat jam pemakaian. Selain itu, masker juka wajib diganti apabila sudah basah atau terlalu lembab. Oleh karena itu, dia menganjurkan agar masyarakat membawa persediaan masker apabila harus pergi keluar rumah.
2.      Bawa hand sanitizer ke mana pun Anda pergi
Saat menghadapi new normal nanti, kita akan lebih sering berada di luar rumah. Otomatis, ini berarti kita takkan bisa selalu mencuci tangan dengan sabun, setelah menyentuh atau memegang permukaan benda tertentu.
Oleh karena itu, pastikan untuk membawa hand sanitizer dengan kandungan alkohol 70 persen ke mana pun Anda pergi. Pastikan untuk membersihkan tangan Anda menggunakan hand sanitizer ini, setiap akan beraktivitas atau setelah selesai melakukan sesuatu.
3.      Bersihkan permukaan barang yang Anda sentuh dengan disinfektan
Selanjutnya, sering-seringlah untuk membersihkan permukaan barang yang Anda sentuh dengan disinfektan. Misal, dengan membersihkan ponsel, dompet, maupun kantong belanjaan yang sering Anda gunakan. Selain itu, Anda juga perlu membersihkan permukaan benda lainnya, seperti meja kerja atau kursi yang biasa diduduki. Dengan demikian, Anda diharapkan dapat semakin mengurangi risiko terpapar virus COVID-19.
4.      Jalani pola hidup bersih
Dua hal ini nampaknya akan menjadi kondisi new normal yang harus kalian jalani, yaitu cuci tangan sesering mungkin dan jangan sentuh wajah.
Penelitian memperlihatkan virus bisa hidup cukup lama hingga beberapa jam bahkan hari di berbagai permukaan benda. Jika kamu menyentuh permukaan-permukaan itu lalu menyentuh wajahmu bisa tertular dengan masuknya virus dari mata, hidung, mulut. Sementara soal cuci tangan, lakukanlah sesering mungkin seperti sebelum, sedang, dan setelah dari luar rumah. Cuci tangan dengan sabun dan air mengalir selama 20 detik dan jangan lupa bagian punggung tangan.
5.      Hindari kerumunan
Ketika berada di luar rumah, usahakan untuk selalu jaga jarak aman 1,5 hingga 2 meter dari orang lain. Makin dekat kamu dengan orang lain maka makin besar kemungkinan tertular begitu pula sebaliknya. Jadi, jika kamu ingin makan di restoran, hindari restoran yang sudah penuh. Kalau mau ke pantai lihat mana lokasi yang orangnya tidak terlalu ramai.
Jika kamu harus mengadakan acara dengan banyak orang atau bertemu teman, keluarga, jaga jarak dan hindari salaman, pelukan, atau berciuman. Begitupun saat berada di kendaraan umum sebisa mungkin hindari kendaraan umum yang penuh dan berdesakan.
6.      Usahakan untuk berbelanja dengan metode cashless
Seperti dilansir CNET, dalam masa pandemi seperti ini, ada baiknya bila kita beralih ke metode cashless saat berbelanja. Sebisa mungkin, hindari menggunakan uang tunai, karena uang itu mungkin sudah dipegang oleh banyak orang. Sekalipun harus berbelanja dengan menggunakan uang tunai, ingatlah untuk membersihkan tangan Anda dengan sabun atau hand sanitizer setelah menyentuh uang tersebut.
            Nah... itu tadi pemaparan dari hal apa saja yang perlu diperhatian ketika menuju ke New Normal. Mudah-mudahan kalian bisa memahami dan dapat mengimplementasikannya dalam kehidupan sehari-hari kalian sehingga kalian bisa terhindar dari virus covid-19 ini serta selalu dalam keadaan sehat.
            Sekian dari Admin.
            ~Terima Kasih~



Artikel dikutip dari






Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kendala Sistem Pembelajaran Daring Di Tengah Masa Covid-19

Kendala Sistem Pembelajaran Daring Di Tengah Masa Covid-19 Sumber: kompasiana.com             Halo kawan-kawan semua...             Bagaimana kabar kalian ? Mudah-mudahan dalam keadaan baik dan masih sehat             Nah... di wacana blog kali ini, admin akan membahas tentang sistem pembelajaran yang berlangsung secara daring atau online di Tengah masa pandemi Covid-19 ini. Akibat adanya pandemi Covid-19 ini tentunya mengakibatkan banyak sekolah maupun universitas yang ditutup dan mengalihkan sistem pembelajarannya memjadi sistem pembelajaran secara online dengan bantuan internet melalui smartphone maupun PC (personal computer)/laptop mereka.             Nah, Dari sistem pembelajaran online ini tentu ada suatu kendala di dalamnya ketika proses pembelajaran berlangsung maupun masalah pada keadaan alat atau sarana prasarana terkait dilakukan sistem pembelajaran. Apa saja sih kendala-kendalanya, kami akan bahas sebagai berikut. 1)       Banyak Gangguan Pada aw