Langsung ke konten utama

Seberapa Penting Sih Kesehatan Mental di Masa Pandemi Covid-19


Seberapa Penting Sih Kesehatan Mental di Masa Pandemi Covid-19

stress di masa pandemi covid-19
Sumber : suarasurabaya.net

           Semakin maraknya orang yang terinfeksi virus Covid-19 di seluruh dunia yang telah mencapai 2.971.090 kasus per tanggal 27 April 2020, dimana 865.733 di antaranya telah dinyatakan sembuh berdasarkan Coronavirus COVID-19 Global Cases by Johns Hopkins CSSE. Hal ini tentu telah menimbulkan banyak kekhawatiran di kalangan masyarakat. Setiap menit, masyarakat selalu dihujani oleh berita dan informasi seputar Covid-19, baik melalui media TV, media sosial, serta internet.
       Pandemi Covid-19 tak cuma memengaruhi kesehatan mental masyarakat umum. Kebijakan pembatasan fisik membuat banyak orang harus beraktivitas tak sebagaimana biasa. Akibatnya “dirumahkan” banyak masyarakat mulai merasakan penat. Di tingkat kelompok yang lebih tua, kebijakan ini juga berdampak pada penurunan kognitif/demensia, menjadikan mereka lebih mudah cemas, marah, stres, dan gelisah.
    Untuk mengatasi perasaan tersebut, berbagai tindakan perlu diambil khususnya untuk menyemangati diri selama masa sulit ini. Mengutip Industryweek, berikut adalah rekomendasi-rekomendasi yang diberikan oleh CDC untuk anda, excellent people:
1.     Berhenti sejenak dari membaca berita tentang pandemi yang dihadapi oleh hampir seluruh negara di dunia saat ini. Semakin banyak anda mengikuti perkembangan berita baik di media nasional dan media sosial yang berulang-ulang bisa membuat anda kesal sendiri.
2.   Jaga kondisi tubuh anda. Ambil napas dalam-dalam, lakukan peregangan, atau meditasi. Cobalah untuk makan makanan sehat yang sehat dan seimbang, berolahraga secara teratur, banyak tidur, dan hindari alkohol dan narkoba.
3.     Luangkan waktu untuk bersantai, salah satunya dengan mencoba melakukan aktivitas lain yang anda sukai.
4.     Terhubung dengan orang lain. Berbicaralah dengan orang yang Andai percayai tentang kekhawatiran anda dan bagaimana perasaan anda.
Jika kalian tidak memiliki masalah kesehatan mental tetapi penuh dengan kecemasan atau kekhawatiran terhadap Covid-19, jangan berlarut. Mari kita temukan kebahagiaan kita, membaca kisah inspiratif atau melihat foto orang-orang yang bekerja dari rumah dengan segala tantangan dan keseruannya mungkin bisa menjadi alternative yang bisa dipilih.


Artikel dikutip dari

[1]        https://www.liputan6.com/global/read/4238406/update-27-april-29-juta-orang-di-dunia-terinfeksi-corona-covid-19
[2]          https://www.allianz.co.id/explore/detail/pentingnya-menjaga-kesehatan-mental-di-samping-kesehatan-fisik-saat-pandemi-covid-19/99383
[3]        http://shiftindonesia.com/pentingnya-menjaga-kesehatan-mental-selama-wabah-covid-19/

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kendala Sistem Pembelajaran Daring Di Tengah Masa Covid-19

Kendala Sistem Pembelajaran Daring Di Tengah Masa Covid-19 Sumber: kompasiana.com             Halo kawan-kawan semua...             Bagaimana kabar kalian ? Mudah-mudahan dalam keadaan baik dan masih sehat             Nah... di wacana blog kali ini, admin akan membahas tentang sistem pembelajaran yang berlangsung secara daring atau online di Tengah masa pandemi Covid-19 ini. Akibat adanya pandemi Covid-19 ini tentunya mengakibatkan banyak sekolah maupun universitas yang ditutup dan mengalihkan sistem pembelajarannya memjadi sistem pembelajaran secara online dengan bantuan internet melalui smartphone maupun PC (personal computer)/laptop mereka.             Nah, Dari sistem pembelajaran online ini tentu ada suatu kendala di dalamnya ketika proses pembelajaran berlangsung maupun masalah pada keadaan alat atau sarana prasarana terkait dilakukan sistem pembelajaran. Apa saja sih kendala-kendalanya, kami akan bahas sebagai berikut. 1)       Banyak Gangguan Pada aw