Langsung ke konten utama

Apa Saja Peran Teknologi dalam Masa Pandemi Covid-19


Apa Saja Peran Teknologi dalam Masa Pandemi Covid-19

            Disadari atau tidak, peran tenologi sangat membantu masyarakat dalam melakukan pencegahan virus corona. Perkembangan teknologi yang semakin maju dinilai memiliki dampak positif dalam menghambat penyebaran virus corona.
Mungkin jika melihat angka-angka statistik jumlah penularannya, peran teknologi tidak akan terasa. Namun bayangkan jika tidak ada bantuan teknologi sejak awal virus ini muncul. Korban yang berjatuhan bisa lebih banyak dari saat ini.
Peran teknologi juga terlibat dalam setiap kegiatan kita sehari-hari. Dengan penerapan pembatasan interaksi, masyarakat akan lebih bergantung pada gadget mereka. Aktivitas sehari-hari, hiburan, hubungan sosial, hingga kebutuhan logistik bisa dengan mudah diakses melalui gadget masing-masing. Adapun berikut beberapa peran teknologi dalam masa pandemi Covid-19, yaitu;
1.    Kemudahan dalam menyebarkan informasi. Dengan adanya gadget, masayarakat dapat dengan mudah mendapatkan berbagai informasi atau pun pengetahuan terkait virus corona. Mulai dari mengetahui apa itu virus corona, dari mana asalnya, pa gejalanya, hingga dapat mengetahui bagaimana proses penyebarannya.
2.     Memberikan Kenyamanan. Jika kalian adalah orang yang aktif, tentu kebijakan pembatasan sosial ini akan membuat anda merasa tidak nyaman. Disinilah peran teknologi untuk membuat anda nyaman berada di rumah. Kalian bisa membuka situs web untuk streaming film, atau bisa bermain game untuk mengisi waktu luang.
3.    Membantu Aktivitas Sehari-hari. Akibat virus corona yang mewabah secara luas, banyak aktivitas-aktivitas masyarakat yang akhirnya terganggu. Sekolah-sekolah meliburkan para siswanya dan sebagian besar perusahaan juga terpaksa meliburkan karyawannya. Namun, teknologi muncul untuk mengatasi keterbatasan tersebut. Dengan berbagai aplikasi yang tersedia, kegiatan belajar mengajar atau pun bekerja dapat kembali berjalan meskipun tidak datang ke sekolah atau kantor.
4.  Melacak Pasien yang Terinfeksi. Baru-baru ini, pemerintah meluncurkan aplikasi khusus untuk melacak pasien yang terinfeksi COVID-19. Aplikasi ini bernama PeduliLindungi. Aplikasi ini menggunakan data yang diproduksi oleh smartphone Anda dengan bluetooth aktif untuk merekam informasi yang dibutuhkan. Jika dalam radius bluetooth terdapat perangkat lain yang juga terdaftar di aplikasi ini, maka akan terjadi pertukaran id anonim yang kemudian akan direkam oleh gadget masing-masing. Melalui pertukaran data ini, aplikasi ini akan mengidentifikasi orang-orang yang pernah berada dalam jarak dekat dengan orang yang dinyatakan positif Covid-19 atau PDP (Pasien Dalam Pengawasan) dan ODP (Orang Dalam Pengawasan). Nantinya, Anda akan dihubungi oleh petugas kesehatan jika ternyata Anda pernah berada dalam jarak tertentu dengan orang yang terinfeksi COVID-19, PDP, atau ODP.
5.      Bersosialisasi. Mungkin peran teknologi dalam bidang sosial sudah sering digunakan bahkan sebelum adanya kebijakan pembatasan sosial. Namun, dengan kondisi seperti ini, ditambah peraturan dari pembatasan sosial, maka peran teknologi untuk bersosialisasi akan lebih terasa. Dengan melakukan kontak dengan rekan atau keluarga secara online, akan berdampak pada kondisi mental dan suasana hati seseorang menjadi lebih baik.
Nah... Itu merupakan beberapa peran teknologi dalam masa pandemi covid-19. Jadi, peran teknologi sangat penting karena teknologi dapat memudahkan suatu kegiatan atau aktivitas masyarakat, salah satunya bisa mencari tahu informasi tentang covid-19. Mungkin segitu saja penjelasan dari artikel ini. Sekian dan Terimakasih.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kendala Sistem Pembelajaran Daring Di Tengah Masa Covid-19

Kendala Sistem Pembelajaran Daring Di Tengah Masa Covid-19 Sumber: kompasiana.com             Halo kawan-kawan semua...             Bagaimana kabar kalian ? Mudah-mudahan dalam keadaan baik dan masih sehat             Nah... di wacana blog kali ini, admin akan membahas tentang sistem pembelajaran yang berlangsung secara daring atau online di Tengah masa pandemi Covid-19 ini. Akibat adanya pandemi Covid-19 ini tentunya mengakibatkan banyak sekolah maupun universitas yang ditutup dan mengalihkan sistem pembelajarannya memjadi sistem pembelajaran secara online dengan bantuan internet melalui smartphone maupun PC (personal computer)/laptop mereka.             Nah, Dari sistem pembelajaran online ini tentu ada suatu kendala di dalamnya ketika proses pembelajaran berlangsung maupun masalah pada keadaan alat atau sarana prasarana terkait dilakukan sistem pembelajaran. Apa saja sih kendala-kendalanya, kami akan bahas sebagai berikut. 1)       Banyak Gangguan Pada aw