Langsung ke konten utama

Mengenal 5 Istilah Terkait Virus Covid-19


Mengenal 5 Istilah Terkait Corona Virus Covid-19

Covid-19
sumber: seputarpapua.com

Coronavirus disease 2019, disingkat COVID-19 adalah penyakit menular yang disebabkan oleh SARS-CoV-2, salah satu jenis koronavirus. Penyakit ini mengakibatkan pandemi corona virus 2019–2020. Penderita COVID-19 dapat mengalami demam, batuk kering, dan kesulitan bernapas.  Sakit tenggorokan, pilek, atau bersin-bersin lebih jarang ditemukan. Pada penderita yang paling rentan, penyakit ini dapat berujung pada pneumonia dan kegagalan multiorgan. Sementara itu, dalam kasus atau pemberitaan yang berkaitan dengan Corona virus, COVID-19 ada banyak isilah atau diksi yang digunakan pemerintah, mulai dari ODP hingga WFH, lalu apa penjelasan dari istilah-istilah tersebut?
1.    ODP (Orang Dalam Pemantauan)
Menurut Direktur Utama Rumah Sakit Umum Pusat Persahabatan-salah satu RS rujukan kasus virus corona, Rita Rogayah, ODP adalah orang dalam pemantauan, biasanya memiliki gejala ringan seperti batuk, sakit tenggorokan, demam, tetapi tidak ada kontak erat dengan penderita positif.
2.    PDP (Pasien Dalam Pengawasan)
PDP dikriteriakan sesuai gejalanya, seperti demam, batuk, sesak nafas, sakit tenggorokan. Atau dari hasil observasi ada saluran nafas bawah yang terganggu serta terjadi kontak erat dengan penderita positif atau dari daerah yang terjangkit.
3.    Suspect
Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI menjelaskan "suspect" ialah orang atau pasien dengan pengawasan yang menunjukkan gelaja infeksi Corona, pernah melakukan perjalanan ke daerah yang menjadi lokasi pesebaran Corona, melakukan kontak atau bertemu dengan orang yang positif COVID-19.
4.    Work From Home (WFH)
Kebijakan work from home atau bekerja dari rumah dipilih oleh beberapa perusahaan hingga lembaga pemerintahan. Bekerja dari rumah dalam kondisi saat ini diyakini dapat meminimalisir penularan virus Corona.
5.    Lockdown
Istilah lockdown akhir-akhir ini ramai menjadi perbincangan setelah beberapa negara seperti Italia melakukan lockdown untuk menghindari semakin menyebarnya virus Corona.Lockdown artinya sebuah negara seperti Italia melakukan pengawasan ketat di semua wilayah negara, mengunci masuk atau keluar dari suatu wilayah/daerah/negara untuk mencegah penularan virus corona.




Artikel ini dikutip dari

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kendala Sistem Pembelajaran Daring Di Tengah Masa Covid-19

Kendala Sistem Pembelajaran Daring Di Tengah Masa Covid-19 Sumber: kompasiana.com             Halo kawan-kawan semua...             Bagaimana kabar kalian ? Mudah-mudahan dalam keadaan baik dan masih sehat             Nah... di wacana blog kali ini, admin akan membahas tentang sistem pembelajaran yang berlangsung secara daring atau online di Tengah masa pandemi Covid-19 ini. Akibat adanya pandemi Covid-19 ini tentunya mengakibatkan banyak sekolah maupun universitas yang ditutup dan mengalihkan sistem pembelajarannya memjadi sistem pembelajaran secara online dengan bantuan internet melalui smartphone maupun PC (personal computer)/laptop mereka.             Nah, Dari sistem pembelajaran online ini tentu ada suatu kendala di dalamnya ketika proses pembelajaran berlangsung maupun masalah pada keadaan alat atau sarana prasarana terkait dilakukan sistem pembelajaran. Apa saja sih kendala-kendalanya, kami akan bahas sebagai berikut. 1)       Banyak Gangguan Pada aw