Langsung ke konten utama

Misteri Bali Jadi Pulau 'Kebal' Virus Covid-19


Misteri Bali Jadi Pulau 'Kebal' Virus Covid-19

Kebal Virus
Sumber : dw.com
Sudah hampir tiga bulan Badan Kesehatan Dunia (WHO) mengumumkan virus corona sebagai pandemi global. Ancaman kesehatan ini menjadi pukulan terhadap ekonomi, terutama sektor pariwisata di Bali.
Tetapi, ada yang unik dengan kasus Covid-19 di Pulau Dewata. Hingga 6 Mei 2020, tercatat sebanyak 277 kasus positif corona ditemukan di Provinsi Bali. Angka mortalitas sebesar 4 kasus. Sebanyak 166 pasien telah dinyatakan sembuh. Dengan demikian, persentase kesembuhan Provinsi Bali (sebesar 59,9%) kini melebihi persentase kesembuhan rata-rata nasional (18,6%). Bali secara luar biasa mempunyai persentase kesembuhan tertinggi dan persentase mortalitas terendah di Indonesia saat ini.
Padahal, sejumlah studi ilmiah menyatakan Indonesia dengan wilayahnya yang luas dianggap sebagai 'bom waktu virus corona' di Asia tenggara. Salah satu alasannya, tingginya kasus positif corona yang mencapai 4.839 pada 14 April, dengan kasus terbesar di Pulau Jawa.
Fakta ini membuat heran media dan blogger-blogger asing, apalagi selama ini Bali dikenal sebagai destinasi wisata dunia. Bahkan, Bali sendiri masih membuka perbatasan internasional hingga Maret lalu ketika corona mulai merajalela.
"Saya juga merasa bingung karena itu tidak masuk akal," kata blogger yang tinggal di Ubud, Rio Helmi, dikutip dari Asia Times.
"Kami tidak memiliki data, tetapi ada tanda lonjakan kematian," lanjut dia.
Bukan hanya itu, di Bali nampaknya tidak ada rumah sakit yang kewalahan dalam menangani pasien Covid-19.
'Misteri' ini juga diungkapkan oleh Jack Daniels, editor harian Balidiscovery.
" Kami tidak mendengar adanya kabar kematian yang tinggi di Bali, bahkan di daerah desa masih bebas dari Corona," kata Daniels.
Dia mengatakan kasus meninggal akibat Covid-19 di Bali kebanyakan adalah warga asing. Salah satunya wanita asal Inggris yang memiliki riwayat penyakit berat.
Di Denpasar, terdapat empat fasilitas krematorium atau pembakaran jenazah. Tetapi, meski kasus Covid-19 nasional meningkat, krematorium tersebut tetap beroperasi normal tanpa ada peningkatan aktivitas.




Artikel ini dikutip dari :



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kendala Sistem Pembelajaran Daring Di Tengah Masa Covid-19

Kendala Sistem Pembelajaran Daring Di Tengah Masa Covid-19 Sumber: kompasiana.com             Halo kawan-kawan semua...             Bagaimana kabar kalian ? Mudah-mudahan dalam keadaan baik dan masih sehat             Nah... di wacana blog kali ini, admin akan membahas tentang sistem pembelajaran yang berlangsung secara daring atau online di Tengah masa pandemi Covid-19 ini. Akibat adanya pandemi Covid-19 ini tentunya mengakibatkan banyak sekolah maupun universitas yang ditutup dan mengalihkan sistem pembelajarannya memjadi sistem pembelajaran secara online dengan bantuan internet melalui smartphone maupun PC (personal computer)/laptop mereka.             Nah, Dari sistem pembelajaran online ini tentu ada suatu kendala di dalamnya ketika proses pembelajaran berlangsung maupun masalah pada keadaan alat atau sarana prasarana terkait dilakukan sistem pembelajaran. Apa saja sih kendala-kendalanya, kami akan bahas sebagai berikut. 1)       Banyak Gangguan Pada aw